Apa sih Chiropractic itu ?

Pernah dengar tentang Chiropractic...? sepertinya belum semua orang tahu apa itu Chiropractic, dan apa manfaatnya bagi kita. Ini adalah metode pengobatan melalui tulang belakang yang telah diakui di dunia kesehatan, mulai dari bayi yang baru lahir, ibu hamil, sampai kakek nenek pun bisa menggunakan metode pengobatan ini, dan tidak usah takut dulu karena anda tidak akan di operasi atau pun harus minum banyak obat-obatan. Mau tahu seperti apa Chiropractic itu, baca selengkapnya disini.

Kata ‘chiropractic’ berasal dari bahasa Yunani, yakni dari kata ’chiros’ yang berarti tangan, dan ’praktikos’ yang artinya praktis. Jika diartikan secara harfiah ’Chiropractic’ berarti 'menggunakan tangan'.

Chiropractic di lebih dari 100 negara telah menjadi satu bentuk teknik terapi alternatif untuk tulang belakang. Kelebihannya, tanpa menggunakan obat, dan tanpa pula melalui tindakan operasi. Bahkan ibu hamil, bayi, anak pun dapat meng­ikuti terapi yang ditemukan Daniel David (D.D.) Palmer pada tahun 1895.

Fokus chiropractic adalah melihat hubung­an antara sistem syaraf dengan semua sistem dalam tubuh. Terutama persendian dan otot di sekitar tulang belakang. Gerakan pada persendi­an sangat berpengaruh pada seluruh syaraf dan struktur yang berhubung­an dengan syaraf itu, termasuk otot, organ tubuh, sistem kekebalan tubuh, dan sistem syaraf keseluruhan.

Sistem syaraf merupakan sistem pengontrol utama tubuh. Sistem ini mengirimkan dan menerima informasi dari setiap sel, jaringan tissue, dan bagian tubuh lainnya. Kesehatan optimal diper­oleh dari sistem syaraf yang berfungsi dan bekerja 100%. Namun, sesuatu hal dapat menghalangi dan mengganggu sistem syaraf bekerja secara maksimum. Kondisi ini disebut subluxation.

Subluxation ini bisa disebabkan adanya trauma, stres berkepanjangan, atau kebiasaan pada posisi/ postur tubuh yang salah. Gejala yang biasanya muncul adalah rasa sakit (nyeri), mati rasa, kesemutan, sakit kepala, dan otot yang tegang.

Para praktisi chiropractic (chiropractor, Red.) adalah satu-satunya profesional di bidang kesehatan yang mampu menghilangkan dan mencegah subluxation. Chiropractor menggunakan teknik aman, lembut, dan efektif. Teknik ini dikenal dengan adjustment. Teknik ini bertujuan mengembali­kan posisi tulang belakang dan menghilangkan semua gejala atau rasa sakit yang muncul. Chiropractor berusaha menyeimbangkan tubuh dan ber­usaha melepaskan berbagai tekanan pada syaraf, sehingga tubuh mampu menyembuhkan dirinya sendiri. Jadi tujuan terapi ini adalah mengoptimalkan fungsi dan kerja sistem syaraf.


Ibu, Bayi, dan Anak

Selama mengandung, wanita akan mengalami berbagai tekanan besar, baik fisik maupun mental. Kesehatan calon ibu berperan penting dalam proses pertumbuhan janin bayi selama sembilan bulan. Perawatan chiropractic mampu menghilangkan berbagai komplikasi akibat dari ada­nya tekanan biomekanikal pada tubuh si calon ibu. Survei menunjukkan calon ibu yang mengikuti perawatan chiropractic di masa kehamilannya tak hanya mendapatkan rasa nyaman, namun juga meng­­­a­lami proses kelahiran yang lancar.

Sementara terapi ini pada anak seharusnya dimulai sesegera mungkin setelah proses melahirkan. Hal ini bertujuan memastikan tulang belakang dan sistem syaraf bayi dapat tumbuh dan berkembang optimal.

Hampir setiap bayi mengalami trauma pada proses kelahirannya. Ketika bayi harus melalui sebuah saluran dari rahim, ia mendapatkan berbagai tekanan yang mampu membentuk kepalanya dan memompa cairan nutrisi di sekitar sistem syaraf pusat. Tekanan ini juga menimbulkan ketidakseimbangan pada tubuh bayi. Proses melahirkan de­­ng­an menggunakan forceps, vacuum, ataupun operasi Caesar mampu mengurangi trauma itu. Tapi bantuan tersebut bisa menimbulkan efek buruk di kemudian hari.

Seiring dengan pertumbuhan anak, tulang-tulang belakangnya pun ikut tumbuh dan saling menekan satu sama lain. Pada waktu anak belajar mengangkat kepalanya, merangkak, dan berjalan, sebenar­nya itu merupakan fase penting anak mulai membentuk tiga kurva tulang belakangnya – dari yang sebelumnya hanya satu lengkungan. Semua ‘kecelakaan kecil’, seperti kepala terbentur, jatuh yang selalu menyertai dalam proses belajar merangkak, berjalan maupun belajar mengendarai sepeda akan sa­ngat mempengaruhi pertumbuhan tulang si anak.

Karena itulah penting sekali untuk memastikan tulang itu tumbuh dan bergerak pada posisi yang semestinya. Pertumbuhan tulang yang tidak dipantau, serta keharusan si anak terus tumbuh dan berkembang dengan posisi tulang tidak benar, akan membawanya pada ketidakseimbangan kerja seluruh bagian tubuhnya, dan scoliosis yang harus dibawanya seumur hidup.

Saat ini chiropractic merupa­kan sistem perawatan kesehatan terbesar kedua di Amerika Utara dan mulai menyebar dengan cepat ke seluruh belahan dunia. Di Amerika Serikat tersebar kurang lebih 60.000 Dokter Chiropractic, di Kanada sekitar 6.000 dan kira-kira ada 3.000 lebih chiropractor di Australia.

Walaupun Chiropractic terbilang baru di Indonesia (baru pada tahun 2004), perawatan dengan Chiropractic dapat dinikmati jutaan orang di seluruh dunia. Chiropractic adalah profesi tiga terbesar untuk pe­rawatan kesehatan di seluruh dunia.

Lebih dari 100 negara di seluruh dunia mempunyai keuntungan dari cara kerja chiropractor dan komunitas mereka menghasilkan lebih dari 75.000 chiropractor di seluruh penjuru dunia. (Dari berbagai sumber)

76 comments:

  1. kalau mau belajar chiropractic di daerah semarang di mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1001 macam penyakit pasti ada obatnya, kecuali itu adalah kematian. Nah aku ada informasi ada pengobatan alternatif skoliosis tanpa operasi di terapiscoliosis.com oleh Pak Iskandar Ali.

      Delete
    2. Untuk alamat lengkap terapy scoliosis yg ada di daerah Jogja - Semarang ada di mana ya Pak? Terimakasih

      Delete
  2. Untuk di indonesia blm ada sekolahnya sejauh ini sekolahnya masih diluar negeri paling deket Austrlia tapi di indonesia sudah ada perkumpulanya namany Perchirindo perkumpulan kiropraksi indonesia pusatnya dicibinong yg mendirikan dr. Soekamto,sejauh ini pngobtan chiro dikombinasikan dengan fisioterapi untuk ket lebih lanjut buka www.chiropractic-asia.com ok

    ReplyDelete
    Replies
    1. (y)informasi yang berguna. Terimakasih

      Delete
    2. Semoga menjadi banyak yang terbantu / bebas dari penderitaan yang berkepenjangan

      Delete
  3. aku, sudah ikut chiropractic kok!! udh lama lho!! tempatnya di B.E.J deket pacific place! setelah aku ikut, badan ku jadi lebih fresh, dan tidak pegal-pegal lagi!! :h:

    ReplyDelete
    Replies
    1. alamat tepatnya dimana?tolong di info yah...

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. BackUp Clinic

      klinik di Indonesia yang pertama dan satu-satunya dengan konsultan skoliosis dan fisioterapis bersertifikat SpineCor® dari Inggris yang memberikan perawatan dan program rehabilitasi skoliosis secara lengkap.

      BackUp Clinic memiliki dokter, chiropractor,fisioterapis dan praktisi yang berpengalaman lebih dari 17 tahun.
      BackUp Clinic merupakan one stop solution untuk tulang belakang dan semua gangguan yang terkait tulang belakang seperti leher dan nyeri punggung, skoliosis dan slipped disc.
      Keanekaragaman kasus skoliosis dan masalah tulang belakang yang sangat luas di Indonesia. Karena itu deteksi, penanganan dan perawatan dini sangat dianjurkan.

      Dapatkan fakta-fakta perawatan ilmiah terbaik dan terbaru untuk punggung dan tulang belakang kamu di BackUp Clinic!

      Central Park Mall LG Floor L-136, Jl. S. Parman Kav. 28, Jakarta
      021-292 00 218 | klik website www.backupspine.com|
      Follow Twitter @BackUpSpine | ‘Like’ FB Fanpage: Backupspine

      Delete
  4. aduhh.. aku kok belum tau yang ini, ini semacam pijat refleksi ya??? atau apa?? kayaknya perlu nih...

    ReplyDelete
  5. Wah ini baru info.. plus.. info baru.. mudah2an segera berkembang ke tiap daerah ya... cuman gamnbaran pengobatannnya kayak apa sih...

    ReplyDelete
  6. @gladys : iya... Bima juga terapi di bej, tapi sudah 1 bulan sekali saja.

    @blogges: memang di padukan dengan pijat refleksi, tapi hanya untuk lebih rileks aja. Terapi yg sebenarnya ialah mengembalikan posisi tulang belakang ke posisi semula, dimana penyebab kita merasa sakit, ya intinya mencari penyebab kita sakit di tubuh dan mengembalikan ke keadaan normal lagi melalui terapi tulang belakang.

    @saungweb: iya semoga cepat berkembang di indonesia. Kalau di luar sudah cukup terkenal metode pengobatan ini.

    @all: makasih ya semua sudah pada mampir, juga sudah saya kunjungi balik.

    ReplyDelete
  7. Sejauh ini diJakarta chiropractic sudah cukup banyak bahkan dibeberapa daerah seperti Bali, Surabaya dan Bandung bahkan kalo tidak salah Di Medan dan di Kalimantan sudah ada... mungkin untuk sebagian daerah masih belum ada, pada dasarnya setiap tempat chiropractic baik karena tubuh kita sendiri yang menyembuhkan makanya dibilang natural therapy tanpa obat-obatan, tanpa operasi....

    ReplyDelete
  8. Sebenarnya selain untuk bayi, ibu hamil juga perlu..waktu saya hamil Bima 2 bulan saya mengalami mual yang amat sangat dan saya paling benci minum obat, akhirnya saya ikut terapi chiropractic dan hasilnya selama 4 bulan pertama kehamilan saya bebas dari mual, saya rutin terapi sampai usia kandungan saya 8 bulan ya untuk ibu hamil tidak perlu sering2 cukup 1 bulan sekali saja menjaga agar pinggang saya tidak sakit..hasilnya saya termasuk cepat dalam melahirkan hanya 1jam dan Alhamdulillah persalinan normal padahal Bima termasuk bayi besar, 1 hari sebelum melahirkan dokter bilang BB Bima hanya 3,6 ternyata lahir dengan berat 3,95 kg PB 51 cm....

    ReplyDelete
  9. Emang top kok para dokter chiropractic itu. Aku suka bilang ke dokterku kalo dia punya 'magic hand'. kalo dipegang dia, cuma dalam 5 menit bisa ilang tuch sakit. Aku sendiri uda pake chiropractic hampir 2 taon :)

    ReplyDelete
  10. Betul banget... Sudah banyak yg merasakan manfaatnya. Salam fifi.

    ReplyDelete
  11. Hasil googling kalo di semarang ada di jl imam bonjol. Coba cek di nakamura-info.com di bagian cabang nakamura.

    ReplyDelete
  12. @lala : waw info yang bagus... Thanks atas infonya ya...

    ReplyDelete
  13. ijin iklan : http://terapibekamkeiroprektik.blogspot.com/p/turun-ke-jalan.html

    ReplyDelete
  14. chiropractic merupakan suatu teknik untuk membetulkan struktur tulang belakang,jika tulang belakang mengalami dislokasi maka akan timbul berbagai masalah kesehatan, dan dengan chiropractic di harapkan tulang belakang yang mengalami dislokasi menjadi harmonis, chiropractic biasanya di gunakan untuk orang yang mengalami sakit syaraf kejepit. sumber www.totoksyaraf.com

    ReplyDelete
  15. sorry sebelumnya,,rata'' untuk sekali terapi chiropractic habis berapa yah??u/ referensi..thanx

    ReplyDelete
  16. untuk daerah medan, bisa kunjungi website kami di http://www.medanchiropractic.com/

    terima kasih

    ReplyDelete
  17. Hi salam kenal semuanya. Nama saya Morin. Saya mau berbagi sedikit ttg masalah tulang blkg saya yg saat ini sedang mengalami HNP (istilah kedokteran) Saat ini saya sedang menjalani terapi ke 12 kali di chiropractic clinic di daerah BSD tangerang. Sebelumnya saya sudah melakukan MRI dimana terlihat jelas hasilnya bantalan tulang saya di bagian L5 S1 keluar dan sudah menjepit syaraf kaki kiri saya. Dokter syaraf sudah menyarankan agar saya dioperasi untuk dibuang bantalannya tapi saya Takut apa hasilnya baik atau malah memburuk. Maka saya coba alternatif chiropractic ini. Syukur sejauh ini sakit,nyeri dan pegal2 di kaki kiri saya sudah berkurang banyak Tanpa minum obat anti nyeri lagi. Namun kesemutan di telapak kaki saya masih terasa walaupun sudah berkurang juga perlahan. Yg mau saya tanyakan... Apakah kasus seperti saya ini bisa benar2 pulih 100% hanya dengan chiropractic?? Karna saya disarankan diurut juga oleh ahli urut syaraf namun saya tidak berani diurut karna sakitnya Luar Biasa (Tidak bisa disentuh sedikitpun) Apakah saya harus meneruskan chiropractic atau bagaimana ini. Mohon sarannya.
    Trima Kasih banyak atas perhatian dan saran2 berharga dari Anda sekalian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Morin... salam kenal

      terima kasih sudah share pengalaman kamu disini, kami dari backup clinic siap membantu kamu untuk menjelaskan tentang yang kamu alami.... boleh dibantu untuk contact kamu agar kami dapat menghubungi untuk menjelaskan lebih detil lagi atau kamu bisa kunjungi website bahkan lebih baik datang ke clinic kami di

      Central Park Mall LG Floor L-136, Jl. S. Parman Kav. 28, Jakarta
      021-292 00 218 | klik website www.backupspine.com|
      Follow Twitter @BackUpSpine | ‘Like’ FB Fanpage: Backupspine

      Terima Kasih

      Ridwan Pamungkas

      Delete
  18. Kira-kira berapa biaya terapinya ya? Dan apakah cocok untuk usia lanjut juga?

    ReplyDelete
  19. just berbagi.
    anak saya mengalami scoliosis, sesuai anjuran dokter harus dilakukan surgery/ bedah tulang belakang.
    saya cari2 di google ketemu deh cara pengobatan tanpa operasi yaitu chiropractic.
    di @spine family DI JL. Daan mogot no 173 ddi km. 2
    alhamdulillah sudah 4 kali pertemuan sudah ada perbaikan, tulangbelakang.
    info : scoliosis adalah kelainan tulang belakang yang bengkok dengan type S . mohon info juga mungkin ada yang tau apa yg harus di lakukan untuk penyembuhan scoliosis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Bpk zamroni,

      Terima kasih atas share nya dan sya turut prihatin atas kondisi anak bpk. seperti yg bpk tahu berapapun usia kita, sadar atau tidak hampir semua kebiasaan dan kegiatan sehari-hari memberi tekanan berlebihan pada tulang belakang.

      BackUp Clinic adalah klinik di Indonesia yang pertama dan satu-satunya dengan konsultan skoliosis dan fisioterapis bersertifikat SpineCor® dari Inggris yang memberikan perawatan dan program rehabilitasi skoliosis secara lengkap.

      BackUp Clinic memiliki dokter, chiropractor,fisioterapis dan praktisi yang berpengalaman lebih dari 17 tahun.

      BackUp Clinic merupakan one stop solution untuk tulang belakang dan semua gangguan yang terkait tulang belakang seperti leher dan nyeri punggung, skoliosis dan slipped disc.

      Keanekaragaman kasus skoliosis dan masalah tulang belakang yang sangat luas di Indonesia. Karena itu deteksi, penanganan dan perawatan dini sangat dianjurkan.

      Central Park Mall LG Floor L-136, Jl. S. Parman Kav. 28, Jakarta
      021-292 00 218 | klik website www.backupspine.com|
      Follow Twitter @BackUpSpine | ‘Like’ FB Fanpage: Backupspine

      Jangan menunggu permasalahan menjadi lebih buruk untuk mendapatkan perawatan.

      Regards,

      Ridwan
      BackUp Clinic

      Delete
  20. Replies
    1. mahal banget sekali therapy 450rb..

      Delete
    2. Di jogja sekali terapi @80.000 IDR.

      Delete
    3. Di jogjga dimana ya kalo boleh tau?

      Delete
    4. Mas Suradi Hartanto, di Jogja alamat lengkap terapi scoliosisnya di mana ? Terimakasih

      Delete
  21. just berbagi.
    anak saya mengalami scoliosis, sesuai anjuran dokter harus dilakukan surgery/ bedah tulang belakang.
    saya cari2 di google ketemu deh cara pengobatan tanpa operasi yaitu chiropractic.
    di @spine family DI JL. Daan mogot no 173 ddi km. 2
    alhamdulillah sudah 4 kali pertemuan sudah ada perbaikan, tulangbelakang.
    info : scoliosis adalah kelainan tulang belakang yang bengkok dengan type S . mohon info juga mungkin ada yang tau apa yg harus di lakukan untuk penyembuhan scoliosis.

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Ada banyak asuransi kesehatan belum mau mengcover pengobatan chiropractic .... dengan alasan belum diakui di Indonesia ?
    Mohon info ....thanks & b'gards,

    ReplyDelete
  24. mauuu , bayar sukarela .
    di perumahan kedoya baru, jln Angsana 5 blok d7 no 2 ,jakarta barat
    samping tool kebon jeruk ,jakarta barat.
    sementara setiap hari sabtu --jam 3 sd jam 5 sore saja.

    ReplyDelete
  25. Untuk Informasi Chiropractic dengan layanan "Home Treatment" atau "Perawatan Dirumah Pasien" silahkan klik "www.chiropracticsurabaya.blogspot.com" atau informasi lebih lanjut di 0821.698.6969 atau 031.7244.2326

    ReplyDelete
  26. CHI-RA (Chiropractic Surabaya)
    Phn. 08121.698.6969 -031.72442326
    www.chirasurabaya.blogspot.com
    PERAWATAN DI TEMPAT TINGGAL PASIEN
    sejak 2004

    ReplyDelete
  27. Untuk daerah Medan, bisa kunjungi kami di
    Medan Therapy Center Jl. D.I Panjaitan No. 12 Medan Baru.
    Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi No. telp. 061.451.6547 / 0812.6310 7879.

    https://www.facebook.com/pages/Medan-Therapy-Center-Specializing-In-Chiropractic/178202745593582

    https://www.facebook.com/mtc.chiropractic.mdn

    follow Medan Therapy Center, Specializing In Chiropractic on twitter https://twitter.com/mdnchiropractic

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam gan...
      Saya wanita berumur 22 tahun dan mengalami skoliosis. Mohon bantuannya.
      Di medan biaya pengobatannya berapaan gan? Mohon info nya terimakasih...

      Delete
  28. saya tinggal di daerah cirebon , dimanakah therapy chiropractic yang terdekat

    ReplyDelete
  29. Terima kasih atas sharing tentang Chiropraktik, bisa menambah wawasan saya.

    ReplyDelete
  30. mahl banget y, saya didiagnosis terkenan skoliosis 6 bulan yang lalu 15 %. cuma belom ada pengobatan lanjutan. saya cuma disuruh fisiotherapi, karena sibuknya saya ga pernah sempet.:(

    ReplyDelete
  31. apa bisa nyembuhin skoliosis? jawabb yaa

    ReplyDelete
  32. bapak zamroni :

    itu pengobatan skoliosis nya di kota mana pak ?

    ReplyDelete
  33. bapak zamroni :

    itu pengobatan skoliosis nya di kota mana pak ?

    ReplyDelete
  34. laras kayanya bisa deh skoliosis di atasi sama chiropractic
    kamu emang tinggal di mana ?
    datang aja ke Luxeliving Building JL.Wahid Hasyim No.55 A- Jakarta pusat
    di sana bagus chiroparactic nya

    ReplyDelete
  35. laras kayanya bisa deh skoliosis di atasi sama chiropractic
    kamu emang tinggal di mana ?
    datang aja ke Luxeliving Building JL.Wahid Hasyim No.55 A- Jakarta pusat
    di sana bagus chiroparactic nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. atau bisa tlpon di nomor 021-3927965 or 081316393449

      Delete
  36. Kira2 biaya nya berapa yah untuk chiropractic ?
    Apakah sekali terapi, sudah bisa sembuh ? tolong dijawab ya :)

    ReplyDelete
  37. Saya sudah pernah terapi Chiropractic sebanyak 3 kali berturut2 (dalam 3 minggu) hasilnya diketahui ada bagian tulang leher yg geser juga tulang belakang, cuma di ajdust manual dengan alat (seperti dipalu) dan memang terasa lebih nyaman. sayangnya kliniknya yang semula di Puri kencana Jakarta barat pindah ke kelapa gading...jadi berenti juga deh terapinya

    ReplyDelete
  38. Apakah di Jambi ada ahli chiropractor atau clinic chiropractic.

    ReplyDelete
  39. Bullshit. Jangan termakan tipuan chiropractor... itu penipuan dan cari uang... bule sj sudah ngga mau ke chiropractor, makanya pindah semua ke negara Asia. Apalagi yg di menara Prima Kuningan chiropractor first, sy ngga menyarankan kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. says setuju praktek harus ada rekomendasi Dari departemen kesehatan

      Delete
  40. Setahu saya sekarang ini kemampuan Ahli Chiropractic Pribumi tidak kalah hebatnya dengan Dokter Chiropractor dari Negara Asing, Bahkan para ekspatriat (Bule) banyak menggunakan jasa Seorang Chiropractic Lokal disaat mereka mengalami Cidera saat beraktifitas ( Golf, Fitnes, Dll)
    Disamping Harganya tarifnya jauh lebih murah, meski sekedar konsultasi by Phone tetap dilayani secara maksimal .... tanpa harus Terapi untuk keluhan sakit pasen...apalagi terapistnya bisa datang di rumah pasien (baik di luar kota maupun propinsi).. Bahkan dalam kalangan masyarakat ada istilah "Jika dokter tidak mengatasi, dukun angkat tangan , hubungi chira ...
    bagi yang membutuhkan informasinya bisa tanya ke Kakek Google dengan tag : Chira atau Chiropractic surabaya atau langsung dengan beliunya 081216986969
    semoga bermanfaat .......

    ReplyDelete
  41. Indonesia Chiropractic Juga melayani di Kota Surabaya :

    Grand City Lt 2 No 41 - 0853-3182-8828

    ReplyDelete
  42. Skoliosis juga bisa disebabkan oleh posisi tulang ekor yang salah, sehingga pengobatan bisa dilakukan dg membetulkan posisi tulang ekor. :)

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. Ciropractic emang lagi booming banget, pnanganannya berpusat pada tulang belakang, tapi jangan salah Physioterapy sudah jauh sebelumnya mampu menangani kondisi tulang belakang, kecuali kondisi indikasi operasi, tak hanya itu physioterapy tidak hanya berorientasi ditulang belakang tapi semua anggota gerak dan fungsinya secara fungsional...

    ReplyDelete
  45. Bisa menyembuhkan asal rutin da mengurangi aktivitas ya salah

    ReplyDelete
  46. Gan, need info lokasi utk daerah Bintaro dkk... :D
    Thanks

    ReplyDelete
  47. Mohon informasi ,untuk penderita pengapuran sendi lutut, apakah bisa dgn terapi chiropractic?

    ReplyDelete
  48. Ingin tahu apa itu CHIROPRACTIC?

    - Otak mengendalikan setiap sel tubuh dan organ manusia melalui perantara Saraf-saraf Tulang Belakang.

    - Otak dilindungi oleh Tulang Tengkorak, Sumsum dan Saraf Tulang Belakang dilindungi oleh Susunan Tulang Belakang.

    - Karena ada Ruas Susunan Tulang Belakang yang ber-geser dari kedudukannya yang normal, maka Aliran Saraf manusia yang semula normal pasti terganggu.

    - Gangguan pen-jalar-an Aliran Saraf inilah yang disebut Subluksasi.

    - Penting untuk diketahui bahwa Subluksasi Ruas Tulang Belakang bisa tidak ber-gejala, ia menyebabkan masalah, jauh sebelum gejala (sakit, nyeri, kesemutan, pegal, baal dan lainnya) dirasakan tubuh.

    - Tanpa dilakukan koreksi terhadap Subluksasi Ruas Tulang Belakang tersebut, pengobatan alternatif lain hanya mengobati gejala-nya saja, bukan mengobati Penyebab Akar Masalah-nya, sehingga sakit akan kembali lagi dan pasien pasti bolak-balik berobat lebih sering.

    - Selain Dokter Chiropractic, tidak ada profesi lain yang mampu melakukan koreksi terhadap Ruas Tulang Belakang yang bergeser yang mempengaruhi pen-jalar-an Aliran Saraf di tubuh manusia.

    - Dokter Chiropractic mencari untuk menemukan Subluksasi dan memperbaikinya dengan melakukan Koreksi pada Ruas Tulang Belakang yang bermasalah, sekaligus memfasilitasi pen-jalar-an Saraf agar kembali normal.

    - Chiropractic aman untuk bayi, anak-anak, remaja, dewasa, ibu hamil hingga orang lanjut usia. Pen-jalar-an saraf yang normal menghasilkan manfaat kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

    Klinik CHIRO SOLUTIONS 24 - Praktek Dokter Chiropractic
    Jln. Muara Karang Utara Raya, A 4 Utara No.61, Jakarta Utara.
    0853 7070 7053 & 0857 7979 5353

    Kondisi-kondisi yang memberikan respon positif terhadap terapi Chiropractic:
    - Asthma
    - Attention Deficit Hyperactive Disorder (anak hiperaktif & sulit konsentrasi)
    - Autism
    - Bell's Palsy (kelumpuhan saraf wajah)
    - Blindness/ Visual Disorders (gangguan penglihatan)
    - Carpal Tunnel Syndrome (saraf terjepit pada pergelangan tangan)
    - Cerebral Palsy (kerusakan otak bawaan)
    - Chronic Neck Pain (nyeri leher kronis)
    - Colic (sakit perut)
    - Crohn's Disease
    - Degenerative Joint Disease (pengapuran sendi)
    - Disc Herniation (saraf terjepit)
    - Epilepsy
    - Female Issues (masalah kewanitaan)
    - Fibromyalgia (nyeri pada otot)
    - Forward Head Posture (postur kepala membungkuk kedepan)
    - Gastroesophageal Reflux (asam lambung yang mudah naik)
    - Headache (sakit kepala)
    - Immune Function (kurang kekebalan tubuh)
    - Infertility (masalah kesuburan)
    - Low Back Pain (sakit pinggang)
    - Maintenance Care and Wellness (menjaga kebugaran)
    - Multiple Sclerosis
    - Neuromusculoskeletal Disorders (gangguan saraf, otot & tulang)
    - Otitis Media (infeksi telinga tengah)
    - Parkinson's Disease
    - Post Stroke (penderita stroke)
    - Radiculopathy (nyeri saraf menjalar)
    - Repetitive Stress Injury (cedera karena kebiasaan yang salah)
    - Scoliosis (tulang belakang bengkok)
    - Spinal Allignment/ Cervical Curve (masalah kelengkungan tulang belakang)
    - Spinal Pain (nyeri tulang belakang)
    - Vertigo and Balance (sakit kepala berputar & gangguan keseimbangan)
    - Whiplash (cedera leher pasca kecelakaan)

    ReplyDelete
  49. Itu perobatan nya bener kalo ketemu tangan dokter yang bener.kalo ketemu dokter korea gila di gancit pasien banyak yang kabur

    ReplyDelete
  50. Itu perobatan nya bener kalo ketemu tangan dokter yang bener.kalo ketemu dokter korea gila di gancit pasien banyak yang kabur

    ReplyDelete
  51. kalo di balikpapan,ada gak ya?? tolong infonya,tks

    ReplyDelete
  52. Kalo di jakarta pusat dimana ya..
    Dan prosedurnya gimana, kira2 skali trapi brapa biayanya dan umumnya brapa kali trapi biar bs sembuh trima kasih atas bantuanya.

    ReplyDelete
  53. Kalo di jakarta pusat dimana ya..
    Dan prosedurnya gimana, kira2 skali trapi brapa biayanya dan umumnya brapa kali trapi biar bs sembuh trima kasih atas bantuanya.

    ReplyDelete
  54. Buat teman- teman yang mempunya masalah seperti saraf terjepit, susah tidur, sakit kepala, vertigo, sakit punggung, sakit pinggang, keram, kesemuatan,mati rasa , alergi, scoliosis dan lain-lain . bisa menghubungi klinik kami di 021 29025792 / 08965320877/ 085310609934 atau bisa menghubungi klinik kami di Ruko Puri mansion blok C no 16 jl. lingkar luar barat, puri kembangan Jakarta Barat.
    Semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  55. Ada yg meninggal sehabis terapi chiropractic di pim, gmn penjelasannya tu bpk2..? Mohon pencerahannya, wass

    ReplyDelete
  56. Hati2 sudah memakan korban untuk pengobatan chiropractic, dan dya jga tidak mengantongi izin, sudahlah yang namanyh sakit yah ke dokter ga usah aneh2

    ReplyDelete
  57. Beda. Setiap chiropractor memiliki keahlian beda2 semua sama tetapi beda teknik nya. Jangan di pandang dari sana.

    ReplyDelete
  58. Beda. Setiap chiropractor memiliki keahlian beda2 semua sama tetapi beda teknik nya. Jangan di pandang dari sana.

    ReplyDelete