Radang Amandel

Minggu pagi yang cerah biasanya aku dan bundaku berjalan-jalan menikmati udara pagi tapi tidak seperti biasanya, pagi ini bundaku membawa aku ke dokter anak didekat rumah sepupuku Raufa..Aku sih senang-senang saja diajak jalan-jalan bunda, sampailah kami ketujuan,disebuah klinik dibilangan Jatiwaringin, sebutlah dr. W, beliau memeriksaku dengan teliti, dr. W membuka mulutku agar bisa melihat tenggorokanku, aku yang selama ini tidak cengeng kedokter manapun mendadak menangis,sakit waktu di buka dr. W untuk melihat tenggorakanku. Kata dr. W aku terkena radang diamandelku, makanya berat badanku tidak bisa naik sedastris dulu, aku bisa naik 1 kilo dalam waktu 2-4 minggu,saat ini beratku hanya naik 2 ons sebelumnya 8,5 kilo sekarang 8,7 kilo karena aku susah makan setiap makan aku langsung muntah, rupanya amandel yang membesar membuat aku susah untuk menelan, kadang menurut bunda kalau malam tidurku seperti orang ngorok dan aku bernapas melalui mulut jadi kualitas tidurku tidak sempurna karena aku gelisah. Aku juga terkena batuk-pilek tapi pilek aku tidak meler sehingga ada banyak slam/ riak di dada kanan aku karena aku belm bisa mengeluarkan riak/slam aku sendiri.
Kata dr. W penyebab infeksi aku adalah bakteri berbentuk kokus. Penularannya melalui semburan ludah pengidap radang amandel. Behubung aku masih bayi lantaran imunitas tubuh aku belum sempurna, aku mudah tertular. Bahkan, cenderung kambuh-kambuhan. Rupanya aku tertular dari bunda dan eyang Ti padahal mereka sudah mengenakan masker loh setiap batuk atau flu tapi rupanya masih saja aku bisa terkena ya..Dr. W memberi aku antibiotik untuk mengempiskan amandelku, antibiotiknya berbentuk sirup rasa strawberi tapi tetap saja yang namanya obat mana ada yang enak ^_^ ternyata amandel membesar dapat menyebabkan kecerdasan menurun karena aku tidak mau makan dan kadang pada saat tidur amandel yang membesar dapat menyebabkan suplai oksigen tidak maksimal, padahal oksigen itu diperlukan untuk proses perkembangan otak. Belum lagi jika timbul komplikasi seperti abses pada amandel atau tenggorakan bahkan dapat menyebabkan penyakit telinga ex : congek. Hiii syerem ya..makanya untuk teman-teman kalau merasa tenggorakan sakit atau nafsu makan teman-teman menurun cepat cepat kasih tahu ayah dan bunda supaya bisa segera diobati. Setiap anak pasti punya amandel karena memang diperlukan oleh tubuh. Pasalnya, amandel merupakan bagian dari sistem yang membentuk kekebalan tubuh manusia (sistem imunitas). Biasanya sebagian besar penyakit yang akan menyerang manusia ditularkan lewat udara pernafasan atau makanan. Nah, baik udara pernafasan maupun makanan yang masuk ke tubuh manusia, keduanya pasti lewat tenggorok dimana di sana terletak amandel. Di sinilah amandel berfungsi sebagai radar atau sensor untuk mengenali jenis kuman yang masuk ke dalam tubuh bersama udara atau makanan.

Selanjutnya tubuh akan membuat kekebalan sesuai informasi yang diberikan oleh amandel, disebut imuno-globulin. Mungkin ayah dan bunda pernah mendengar istilah IgA (imuno-globulin A), IgG, IgM. Itulah sistem kekebalan yang dibentuk oleh tubuh anak untuk menghadapi penyakit yang akan menyerangnya.

Jadi, pada saat kanak-kanak, amandel diperlukan untuk giat bekerja. Tak heran bila akan terlihat amandelnya besar.Kira-kira pada usia 3 tahun dan di usia kurang lebih 5 tahun kadar sistem kekebalan kita sudah berada diatas normal.Kalau amandel sudah membesar maka terkadang antibiotik juga tidak mempan teman-teman maka diambillah tindakan operasi tapi tidak sembarang operasi harus ada syarat-syarat seperti dibawah ini :
- tonsilitis terjadi sebanyak 7 kali atau lebih/tahun
- tonsilitis terjadi sebanyak 5 kali atau lebih/tahun dalam kurun waktu 2 tahun
- tonsilitis terjadi sebanyak 3 kali atau lebih/tahun dalam kurun waktu 3 tahun
- tonsilitis tidak memberikan respon terhadap pemberian antibiotik.

Doain aku ya teman-teman semoga cepat sembuh, aku mau gemuk lagi kayak dulu, kasihan bundaku karena aku jadi malas menyusu asi bunda jadi terbuang deh, jaga kesehatan ya ayah dan bunda supaya dedenya tidak tertular sakit...Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk teman-teman ya...

( Dari berbagai sumber )

3 comments:

  1. 2nd post... Kalo ini postingan ke 2, tapi ini yang buat bundanya bima. I love u bunda...

    ReplyDelete
  2. my baby boy name Athaya jg kata dokter kena amandel..sedikit² bisa kena batuk ato flu,..rasanya sedih..

    ReplyDelete
  3. terimakasih banyak untuk informasinya, sangat membantu sekali....

    ReplyDelete