Tanda - tanda kehamilan

Ya, kehamilan adalah hal yang paling di nantikan oleh setiap pasangan terutama pasangan muda yang baru menikah dan ingin memiliki keturunan, karena kehamilan merupakan kabar terindah di dunia khususnya bagi wanita Tapi tahukah anda seperti apa tanda-tanda kehamilan ?

 1. Mual dan Muntah

Kasusnya bisa berbeda-beda pada setiap wanita, ada yang ringan atau bahkan ada yang sangat parah sampai seperti disiksa, namun ada juga sekitar 20% - 30% wanita hamil tidak mengalami mual dan muntah.

2. Berhenti Menstruasi

Pada umumnya wanita mengalami siklus mestruasi, ada yang pendek siklusnya dan ada juga yang panjang, namun apapun siklus anda, pada saat hamil pasti anda akan berhenti menstruasi.

3. Payudara Tegang dan Besar

Pada saat kehamilan dimulai, proses pembentukan air susu ibu mulai berjalan, namun apa yang membuatnya membesar ? yaitu kelenjar susu dan darah yang lebih banyak mengalir ke payudara.

4. Sering Buang Air Kecil

Begitu janin mulai tumbuh dan membesar, maka janin akan menekan kandung kemih sehingga membuat anda menjadi lebih sering buang air kecil.

5. Perubahan Warna Kulit

Perubahan warna kulit ini terjadi pada bagian - bagian tertentu, yang umumnya terjadi pada leher, muka, dan sekitar puting susu (areola mamae).

6. Sulit Buang Air Besar

TETAPI... hal - hal tersebut diatas baru merupakan dugaan tanda - tanda kehamilan, untuk memastikan apakah benar - benar hamil anda dapat melakukan tes yang lebih akurat lagi, contohnya :

1. Tes HCG

Tes HCG (human chorionic gonadotrophine) atau biasa disebut tes urin yaitu tes kehamilan dengan menguji keberadaan HCG yang merupakan hormon yang diproduksi oleh plasenta begitu embrio mulai menempel pada dinding rahim. Alat tes ini sudah banyak dijual bebas, lakukan tes seminggu setelah berhubungan dan sebaiknya dilakukan pada pagi hari saat buang air kecil pertama setelah bangun tidur.

2. Tes Darah

Tes darah sama dengan tes urine hanya caranya saja yang berbeda, tujuannya sama yaitu untuk mengetahui keberadaan HCG dalam darah melalui tes di laboraturium. Dengan metode ini sebetulnya tingkat keakuratannya hampir sama dengan tes urine.

3. Tes dengan USG

USG (ultrasonografi) adalah metode tes kehamilan menggunakan alat yang menghasilkan getaran suara, prinsipnya sama dengan sonar pada kapal selam, dan bisa menggambarkan bentuk embrio didalam kandungan. Tes ini lebih akurat dan meyakinkan, biasanya dilakukan di rumah sakit atau klinik bersalin dengan dokter yang ahli membaca gambar dilayar yang mungkin kita sendiri tidak mengerti gambar apa itu.

DAN... Bila terbukti anda hamil maka berbahagialah anda karena kehamilan adalah anugerah terindah.

5 comments:

  1. Hmmm... Setelah 1 tahun ga ngeblog.. rank jadi jeblog... N sekarang saatnya berjuang lagi... Go bloging.... Happy bloging...

    ReplyDelete
  2. tapi gimana ya cara ngatasi rasa mual n muntah pada saat hamil tolong tulis jg doong......

    ReplyDelete
  3. Terimakasih banyak nih gan atas informasinya sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  4. Nice post, things explained in details. Thank You.

    ReplyDelete