Ciri-ciri Anak Sukses di Masa Depan

Orang tua memegang peran penting dalam mendidik anak, namun apabila orangtua lengah terhadap anak didiknya maka peran itu akan langsung diambil alih oleh lingkungannya,dan jangan menyesal...........jika segalanya terlanjur salah ??

Pembaca budiman , apakah anda punya anak yg masih kecil ? atau memiliki ponakan yg seumuran 2-5th atau anda sudah punya cucu seumur itu ? Anak yg berumur 2-5tahun tingkah mereka lucu-lucu,asik namun seringkali tingkah mereka itu juga bisa bikin kita merasa "sebel" dan bikin kita emosi , anak kecil seumuran 2-5th seringkali berulah macam-macam yg menjengkelkan,aneh dan bikin kita sebagai orangtua pusing mendidiknya

Nah, Namun sedikit orang tau bahwa anak kecil yg menyebalkan ,aneh dan terlanjur kita cap sebagai anak yg nakal pada umur segitu. sesungguhnya memiliki rahasia menakjubkan yg diungkap mereka setelah mereka dewasa kelak.

Keadaan malah berbalik saat mereka dewasa kelak akan menjadi anak yg membanggakan orangtuanya.

Apakah anak anda seperti ini ?

Inilah ciri-ciri dan sifat anak kecil yg ( padahal ) memiliki keberhasilan ketika mereka dewasa kelak !

1.) Anak yg Hyper-aktif atau Tidak mau diam ataupula tid.ak bisa duduk tenang

Ciri-ciri Anak Hiperaktif:

1. Tidak Fokus
Misalnya, anak Anda hiperaktif. Maka, kebanyakan dari kegiatan yang sedang dia lakukan tidak bisa bertahan lama. Saat dia bermain bola, kemudian ada anak lain yang melintas di depan sambil membawa balon, dia akan membuang bolanya dan ikut bermain balon bersama anak lain.

Begitu ada anak lain yang berbeda, dia bisa mengalihkan perhatiannya untuk mengikuti anak tersebut. Anak hiperaktif tidak bisa bertahan diam lebih dari 5 menit. Anak ini juga suka berteriak-teriak tidak jelas, dan berbicara semaunya. Juga memiliki sikap yang tidak mudah dipahami.

2. Sifat Menentang
Anak hiperaktif lebih sulit dinasehati dari pada anak non-hiperaktif. Misal, ia sedang bermain naik turun tangga dan kita memintanya untuk berhenti, ia akan diam saja atau marah dengan tetap melanjutkan bermain.

3. Destruktif
Sebagai perusak ulung, anak hiperaktif harus dijauhkan dari ruangan yang banyak benda-benda berharga atau barang pecah belah dan sejenisnya. Sikap yang suka melempar, menghancurkan barang inilah yang disebut destruktif.

4. Tidak Mengenal Lelah
Tidak akan tampak kelelahan saat ia bermain maupun setelah ia bermain. Setiap hari berlari, berjalan dan melakukan kegiatan tanpa tujuan jelas, bergerak terus adanya.

5. Tanpa Tujuan Jelas
Anak aktif membuka buku untuk dibaca, anak hiperaktif membuka buku untuk disobek, dilipat-lipat, atau dibolak balik saja tanpa membaca.

6. Bukan Penyabar yang Baik Dan Usil
Sering saat bermain, ia dengan tidak sabar mengambil mainan dengan paksa. Tidak suka jika menunggu giliran bermain. Suka mendorong, mencubit, atau memukul tanpa alasan.

Anak hiperaktif memiliki kelebihan disamping kekurangannya itu. Tentunya orang tua sangat diharapkan lebih menaruh perhatian khusus kepada anak hiperaktif. Bukan berarti melebihkan dari anak lainnya, tetapi harus mendidik dengan cara yang berbeda dengan biasanya.

Sesungguhnya anak-anak seperti ini kelak akan menjadi anak yg sangat dinamis, kelak ketika saat mereka dewasa nanti mereka akan mampu mengerjakan tugas dalam waktu yg bersamaan, atau malah memimpin lebih dari satu perusahaan tanpa merasa kesulitan sama sekali.

2.) Anak yg Keras kepala atau Susah Sekali Diatur.

Anak yg susah diatur contohnya: Selalu saja sulit kalau disuruh mandi sore, bandel bila disuruh membereskan buku-bukunya yang berserakan, tidak mau disuruh gosok gigi sebelum tidur, dan sebagainya. tetapi begitu pulang sekolah suasana rumah jadi kacau. Rumah jadi berantakan, rasanya tidak selesai-selesai merapikan rumah. Kalau sudah begini banyak orangtua menjadi sering marah-marah dan stres.

Empat Jenis Anak Pemberontak

1. Menyukai kontrol. Dibandingkan anak-anak lain, anak dari golongan ini sangat menyukai kontrol. Mereka mau melakukan apa saja, bahkan sesuatu yang hasilnya berlawanan asal mereka bisa mendapat,mempertahankan, dan merebut kembali kontrol di tangannya.

2. Memanfaatkan keadaan sekitar. Biasanya mereka sangat cepat menagkap respons orang lain dan memanfaatkan respons tersebut untuk kepentingan sendiri, baik di lingkungan sosial maupun di lingkungan keluarga. Kelak kemampuan membaca reaksi orang lain ini bisa berguna. Tapi bagi anak-anak, kemampuan eksploitif ini digunakan untuk memanfaatkan orang lain dan membuat Anda pusing.

3. Tidak melihat keterlibatan dirinya dalam suatu persoalan. Bukan hanya tidak melihat dirinya berperan dalam suatu persoalan, tetapi juga meyakinkan diri bahwa orang lain di sekitarnyalah yang dengan sengaja menimbulkan persoalan.

4. Toleransi tinggi terhadap hal-hal negatif. Mereka suka membangkitkan kemarahan, dan hal negatif orang lain. Dan sering berhasil melakukan hal tersebut. (sumber : Try and Make Me, Ray Levy, Ph.D)

Padahal sesungguhnya anak-anak seperti ini kelak ketika mereka dewasa nanti akan punya prestasi menakjubkan dan sanggup menjadi pemimpin-pemimpin perusahaan atau pemimpin instansi yg sangat berhasil dengan peningkatan karir yg amat sangat pesat.

3.) Anak yg Pemalu dan Sulit Sekali Bergaul.

Contoh : Anak ini senang sekali menyendiri dan melakukan sesuatu di dalam kamarnya,dan bahkan anak ini sangat cengeng sekali.

Perasaan malu adalah perasaan gelisah yang dialami seseorang terhadap pandangan orang lain atas dirinya. Ada yang mengartikannya sebagai sesuatu yang "aneh", "hati-hati", "curiga" dan sebagainya. Pada umumnya sejak lahir manusia telah memiliki sedikit perasaan malu, namun bila perasaan itu telah berubah menjadi semacam rasa takut yang berlebihan, maka hal itu akan menjadi suatu fobia, yaitu takut mengalami tekanan dari orang lain atau takut menghadapi masyarakat. Anak yang pemalu selalu menghindar dari keramaian dan tidak dapat secara aktif bergaul dengan temannya yang lain.

Guru tidak mudah mengetahui apakah muridnya seorang pemalu, sebab pada umumnya mereka tidak suka berbuat kegaduhan atau masalah. Sifat pemalu dapat menjadi masalah yang cukup serius sebab akan menghambat kehidupan anak, misalnya dalam pergaulan, pertumbuhan harga diri, belajar, dan penyesuaian diri. Umumnya ciri anak pemalu ialah terlalu sensitif, ragu-ragu, terisolir, murung, dan juga sulit bergaul. Jadi mereka perlu diberi bantuan.

PENYEBAB MASALAH

1. Unsur Keturunan
Hal ini merupakan faktor yang tidak langsung dan belum pasti. Sejak lahir anak tersebut terlihat agak sensitif dan kemungkinan hal itu terjadi karena pembawaan saat ibu yang ketika sedang mengandung mengalami tekanan jiwa maupun fisik. Namun ini juga belum dapat menjadi suatu bukti yang kuat apakah kelak anak yang sensitif itu akan menjadi seorang pemalu.

2. Masa Kanak-kanak Kurang Gembira
Ada sebagian anak yang mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan pada masa kanak-kanaknya. Misalnya orangtua sering berpindah- pindah, orangtua bercerai, orangtua meninggal, dipaksa pindah sekolah atau dihina oleh teman dan sebagainya. Semua pengalaman itu mengakibatkan terganggunya hubungan sosial mereka dengan lingkungan, suka menghindar atau mundur, dan tidak berani bergaul dengan orang yang tidak dikenal.

3. Kurang Bermasyarakat
Sifat pemalu akan terjadi bila anak hidup dengan latar belakang di mana ia diabaikan oleh orangtuanya, atau dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang mengasingkan diri, terlalu dikekang sehingga mereka tidak dapat mengalami hubungan sosial yang normal dengan masyarakat.

4. Perasaan Rendah Diri
Mungkin perasaan malu itu timbul karena anak bertubuh pendek, bersikap kaku atau punya kebiasaan yang jelek, lalu berusaha untuk menutupinya dengan cara menyendiri atau menghindari pergaulan dengan orang lain. Karena kurang rasa percaya diri dan beranggapan dirinya tidak sebanding dengan orang lain, ia tidak suka memperlihatkan diri di keramaian.

5. Pandangan Orang Lain
Banyak anak yang menjadi pemalu karena pandangan orang lain yang telah merasuk ke dalam dirinya sejak kecil. Mungkin orang dewasa sering mengatakan bahwa ia pemalu, bahkan guru dan teman-teman juga berpendapat sama, sehingga akhirnya ia benar-benar menjadi seorang pemalu.

Padahal anak-anak seperti ini kelak akan menjadi anak yg unggul di bidang sains dan teknologi, atau bisa juga mereka menjadi seniman2 dan maestro kelas dunia, mereka adalah anak-anak yg peka dan penuh cinta kasih,terutama cinta kasih terhadap pada orangtuanya.

4.) Anak yg Terlalu Cerewet dan Tidak Tahu Malu pada lingkungannya.

Contoh : Anak ini bahkan cenderung sering membuat orangtuanya malu-maluin

Jadi anak kecil sering serba salah. Sedikit bicara, orangtua prihatin. Banyak cakap, bikin sebel bin senewen. Menghadapi bocah "bawel", bagaimana meladeninya? Betulkah itu juga cermin tingginya intelektualitas anak?
Usai gladi resik untuk pementasan musik, sekelompok anak yang tergabung dalam sebuah paduan suara berhamburan keluar dari sebuah gedung pertunjukan. Riuh rendah suara mereka, mirip tawon keluar dari sarangnya. Maklum anak-anak. Tapi, coba simak bocah yang satu ini.

"Ma, Mama, lihat enggak tadi aku di panggung. Yang berdiri di sebelahku namanya Nia. Dia teman sekolahku. Mama tahu 'kan. Nah, anak kecil di depannya, yang rambutnya dikuncir dua, itu lo yang bajunya pink, Mama lihat 'kan? Gayanya dia 'kan salah ya, Ma. 'Kan mestinya badannya enggak ikut goyang, cuma kepalanya aja. Iya 'kan Ma? Eh, Ma, Ma, Si Nia itu 'kan juga ngeles balet di sanggar deket rumah kita. Itu lo Ma, yang di halamannya ada pohon mangganya.

Tahu 'kan Ma ...." Dibaca saja mungkin bikin capek, apalagi kalau mendengar langsung kalimat-kalimat yang meluncur dari bocah perempuan berumur lima tahun itu. Tanpa bisa disela, ia masih terus bicara bahkan ketika sudah masuk ke mobil yang membawa mereka pulang. Ibunya gamang, tak tahu harus bagaimana meladeni anaknya yang tergolong talkative atau "cerewet" ini. Dibentak, dijewer, atau dibungkam?

Apakah putra atau putri Anda yang masih balita juga punya kecenderungan macam itu? Berbahagialah Anda kalau demikian, sebab di satu sisi itu bisa jadi pertanda anak memiliki tingkat intelektualitas yang oke. Tapi, di lain sisi Anda perlu prihatin, karena hal itu bisa menunjukkan ada sesuatu yang salah dalam dirinya; apalagi kalau materi yang dibicarakan melompat-lompat.

Padahal anak-anak seperti ini akan menjadi anak yg terkenal ketika mereka dewasa kelak, anak-anak seperti ini sungguh memiliki bakat unjuk keberanian saat mereka tampil didepan umum dan kemampuan mereka untuk berekspresi.

Begitulah sejarah telah membuktikan secara berkali-kali bahwa anak yg dulu ketika mereka kecil yg dianggap sebagai anak yg aneh,bodoh dan menyebalkan seperti "ulat bulu"namun nyatanya setelah mereka dewasa malah menjadi orang-orang yg sukses dan terkenal dikehidupan.

Anak-anak ini yg dulu dianggap bermasalah layaknya seperti tingkah "ulatbulu" yg menjijikan,gatal dan cocok untuk disingkirkan padahal sesungguhnya adalah anak-anak yg belajar mengenali diri dan lingkungannya pada saat mereka kecil
dengan didikan orang tua yg mendidiknya secara "cerdas" berarti membantu anak-anak siap untuk ber"metamorfosis" ketika kelak dewasa nanti.
Orang tua diharap mampu mendidik dengan segala cara yang cerdas dan tetap sabar dalam menangani anak-anak yg dianggap seperti "ulat bulu" ini.

sumber

38 comments:

  1. aku termasuk anak yang mana ya..hehehe..bingung

    ReplyDelete
  2. anakku jg cerewet,ga bisa diem dan tiada hari tanpa bersosialisasi, pdhl umurny baru 5 thn,diajak kemanapun pasti dia dpt teman,cuman dia agak gelisah kalau berlama-lama didalam rmh,gak betah blama-lama main game apalagi dsuruh belajar,pgnnya main diluar trus

    ReplyDelete
  3. anakku jg cerewet,ga bisa diem dan tiada hari tanpa bersosialisasi, pdhl umurny baru 5 thn,diajak kemanapun pasti dia dpt teman,cuman dia agak gelisah kalau berlama-lama didalam rmh,gak betah blama-lama main game apalagi dsuruh belajar,pgnnya main diluar trus

    ReplyDelete
  4. saya jg punya seorang anak laki-laki berumur 3th 4bln.dia juga tdk pernah diam, cerewet bahkan kosakatanya melebihi anak seusianya.Terkadang tingkahnya yg selalu ingin tahu & tdk pernah diem, selalu ingin bergerak bikin saya jengkel..seolah olah dia tidak mendengar apa yang saya minta.

    ReplyDelete
  5. saya juga punya anak laki2 umur 22bulan,dia nggak pernah bisa diam,selalu ada aja yang dia kerjakan,dia juga crewet nya minta ampun

    ReplyDelete
  6. SAYA JUGA MEMPUNYAI ANAK YANG SUPER SUPER NAKAL,DIA SANGAT PEMBOSAN SKALI DENGAN MAINAN MAINAN YANG SAYA BELIKAN DIA JUGA SANGAT CEREWET DAN SUKA MENGGANGGU PEKERJAAN SAYA DAN ORANG ORANG YANG ADA DI DALAM RUMAH,DIA SANGAT PINTAR MENGHITANG DARI 1 SAMPAI 10.WAKTUNYA UNTUK DIAM HANYALAH PADA WAKTU TIDUR SELAIN DARI ITU DIA BERMAIN DAN MELAKUKAN HAL HAL YANG SERING BIKIN SAYA MARAH,DIA TIDAK PERNAH MENGENAL KATA LELAH,

    ReplyDelete
  7. BAGUS BANGET ARTIKEL INI.ALHAMDULILLAH..BUAT SAYA INI SEPERTI KABAR SUKA/BERITA GEMBIRA ..KARENA APA YG SAYA ALAMI DAN SAYA RASAKAN SAMA SEPERTI KRITERIA NO 1 DI ATAS..SMOGA KELAK MJD KENYATAAN..MEMANG SEJENGKEL2NY SAYA KPD ANK SYA YG SUPERHIPERAKIF, TP ENTAH KNP DLM HATI KECIL SAYA ADA KEYAKINAN BHW DIA KELAK AKN MJD ORG YG BERHASIL..INSYAALLAH...

    ReplyDelete
  8. Klw anak saya suka besolek. . .dan suka ngajak main teman2nya kerumah. . .

    ReplyDelete
  9. Klw anak saya suka besolek. . .dan suka ngajak main teman2nya kerumah. . .

    ReplyDelete
  10. anak saya persis di penjelasan pertama, skr umur 3 tahun 6 bulan. waktu umur setahun sudah mengenal 14 warna, alphabet, dan hijaiyah. diamnya kalau lagi tidur aja

    ReplyDelete
  11. makasih infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  12. eeeeeeeeeeeeeemmmmm masak c

    ReplyDelete
  13. ciri-cirinya hampir sama sekali dengan adik saya.apalagi yang nomor 1 dan 2.thank's, infonya bermanfaat sekali ^_^

    ReplyDelete
  14. ciri-cirinya hampir sama sekali dengan adik saya.apalagi yang nomor 1 dan 2.thank's, infonya bermanfaat sekali ^_^

    ReplyDelete
  15. anak sy termasuk hiper atau tdk yaa.... oh ya, sejak umr 8/9 bln ankku sdh jalan, usia 1 tahn sdh cerewet, usia 3 thn sdh lancar baca tulis, sehingga pd usia 5 thn sdh SD dan skrg sdh kls 3 pd usia 7 thn bs menghapal semua perkalian, tetapi aduuuuuh tidak mau diam, tdk mau diatur/keras kepala, suka berteriak, bergaul sama siapa sj shg dijuluki si tomboy dan si lebay... gurunya minta ampuun kr tdk mau menulis hny mengacau dan memperhatikan temannya, sy sdh berusaha mengobati baik secara medis maupun non medis, tp semua jwbn sm, hy menyuruh sabar tp terkadang kesabaran sy habis kr dibikin malu dengan sikapnya sehingga sy sering memukulnya... bgmn sy hrs menangani anak sy ini? trims

    ReplyDelete
  16. anak sy termasuk hiper atau tdk yaa.... oh ya, sejak umr 8/9 bln ankku sdh jalan, usia 1 tahn sdh cerewet, usia 3 thn sdh lancar baca tulis, sehingga pd usia 5 thn sdh SD dan skrg sdh kls 3 pd usia 7 thn bs menghapal semua perkalian, tetapi aduuuuuh tidak mau diam, tdk mau diatur/keras kepala, suka berteriak, bergaul sama siapa sj shg dijuluki si tomboy dan si lebay... gurunya minta ampuun kr tdk mau menulis hny mengacau dan memperhatikan temannya, sy sdh berusaha mengobati baik secara medis maupun non medis, tp semua jwbn sm, hy menyuruh sabar tp terkadang kesabaran sy habis kr dibikin malu dengan sikapnya sehingga sy sering memukulnya... bgmn sy hrs menangani anak sy ini? trims

    ReplyDelete
  17. Sya mau bertanya, Jika seorang anak dari masa kecilnya tidak terdidik dengan baik apakah anak tersebut tidak bisa merarih sukses di masa depannya?

    ReplyDelete
  18. anakku calon pengusaha sukses,\

    ReplyDelete
  19. Ke 2 anak laki2 sy sgt super aktif skali. Waktu tenang hanya jika mrk tidur, itupun hny mlm hari sj. Sepanjang siang adlh waktu membuat kegaduhan dan membuat tetangga geleng kepala.

    Smoga sy bs sbr mendidik dan merwt mrk hingga sukses dunia akhirat. Amin.

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. anak pertama saya cwe umur 5 tahun. aduh suka bikin malu-maluin. mulutnya pun ngga bisa di rem, kalo minta sesuatu sukanya cepet mulu, ngga pernah mau ngalah kalo ngomong. tiap hari berantem aja ama adeknya damainya paling 5 menit sisanya pastilah.. tiap hari hampir nangis di buatnya. kelebihannya yg saya liat untuk sekaranng ini dia penghafal yg kuat, belajar lewat media gambar. hampir semua kartun dan music. ampe semua bahasa dia cerna. musik barat dan korea dia suka nyanyikan, kadang bikin tak enak nya dia ngajak orang bicara pake bahasa kartun yang dia liat. misalnya saja kartun mawa n beruang dari rusia.kartun itu dia cari sendiri di youtube. saya cuman bisa geleng-geleng kepala. disatu sisi saya bangga anak saya jenius dalam hal teknologi tapi di sisi lain saya khawatir pemikirannya berpegang dengan yg dia liat sehingga bikin dia jadi anak yang aneh diantara anak sebayanya. minta sarannya ya... apa saya harus cut fasilitasnya seperti laptop atau suruh dia berhenti liat music barat.

    ReplyDelete
  22. Klu anakku hyperaktif, keras kepala dan cerewet minta ampun :'(
    Stress aku di buat.a
    Sedangkan sy sendiri, orang.a pemalu..

    ReplyDelete
  23. ‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil??
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti Pembayaran listrik,tiket pesawat, tiket KAI ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance,voucher game, dll secara mudah, murah, namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘Rp.100.000,’
    info lengkap Kunjungi : www.fastpay-nasional.com
    Hp:081335640101

    ReplyDelete
  24. Anakku Vicky Ryuga - Hyper Aktif dan Keras Kepala ... Semoga Kelak anakku bisaa jadi anak yg sukses sayangg mama papa aminnnn

    ReplyDelete
  25. Ya Allah semoga anakku kelak menjadi anak yang sukses berguna bagi bangsa dan keluarga....dan tentunya semua atas ridhoMu...amin

    ReplyDelete
  26. Aq selalu berdoa kpd Allah semoga anakku menjd anak yg sholeh berguna bagi agama, keluarga n negara amin, ciri anakku sm persis dg yg diatas hiperaktif

    ReplyDelete
  27. Anak-anak mempunyai potensi yang berbeda-beda, kita doakan saja semoga menjadi generasi penerus yang baik, terimakasih artikel yang menarik, salam kenal.

    ReplyDelete
  28. Anakku perempun usianya 7 tahun, semenjak tk anaku ini mempunyai sifat yg membuat saya khawatir. Dia selalu takut menghadapi hal hal yang belum atau akan dihadapi. Misalnya anak saya waktu itu disuruh ikut lomba mewarnai oleh gurunya, begitu sampai di rumah dia nangis tdk mau ikut lomba tersebut. Ato misalkan tiba tiba dia nangis ingin pindah sekolah karena takut menghadapi samen pd saat akan naik ke kls 2 sd. Saya sampai bingung menghadapinya. Apa yg harus saya lakukan? Karena saya tdk ingin sampai saya melakukan tindakan yg salah menghadapi anak yang demikian,

    ReplyDelete
  29. Luqni Alfatah (AnGg!3 m4uLan@)May 18, 2014 at 9:41 AM

    Wahhh...itu semua mirip denganku waktu kecil sampai sekarRRrrraaAAAnnnggGGGG... :) (y)

    ReplyDelete
  30. Anak sy nggab bs denger. Banyak main. Nakal malas.. Sampai tidak naik kelas.. Tp di masa yg akan datang dia akan membanggakan orang tuanya. Orang banyak bangsa dan negaranya..

    ReplyDelete
  31. semoga anak kita semua menjadi sukses, tidak hanya berkat bawaan tapi berkat didikan dari orangtuanya :)

    ReplyDelete
  32. Waduh ikut juga ah.....
    Saya juga pnya anak 2,5 thn dia begitu aktif. Dgn adanya artikel ini kita para ortu harus sadar dan bersyukur

    ReplyDelete
  33. Anak pertamaku perempuan 8th,sejak kecil sampai skrg susah banget diatur.Di suruh mandi susah,disuruh tdr siang susah,apalagi disuruh belajar haduuuhh.. Pokoknya selalu membantah kalau diberi tahu.Kadang2 aku takut sendiri,apa besok dia bisa berubah?Pernah juga dia membentakku dgn nada keras dgn maksud ingin membela diri.Dgn adiknya juga tidak pernah mau mengalah,selalu bertengkar dan rebutan sesuatu.Tetapi walau begitu prestasi di sekolahnya lumayan,pergaulannya pun gampang.Yg aku fikirkan bisakah setelah dewasa nanti dia berubah karena dia seorang anak perempuan.Semoga saja anak2ku menjadi orang yg sukses kelak,amin.

    ReplyDelete
  34. nice post sob..
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu...
    salam kenal yach...
    kunjungi blog saya juga ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    agen situs poker online,poker online terpercaya...
    http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com
    serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
    di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
    main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20% referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...

    ReplyDelete