Mainkan Musikmu

Musik... ya musik. siapa yang tak kenal musik, suatu yang tidak berwujud tapi mampu menggetarkan dunia, bahkan Aristoteles pun berpendapat 'musik mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme'. Jelas apa yang di maksud oleh Aristoteles seorang filsuf yunani yang merupakan salah satu dari tiga orang filsuf (Socrates, Plato, Aristoteles) yang dianggap paling berpengaruh di pemikiran barat bahwa
musik dapat mendamaikan hati yang gundah, di saat seseorang mengalami masalah atau sedang merasa bosan musik dapat mengatasi kebosanan itu atau paling tidak dapat menenangkan hati seseorang yang sedang mengalami masalah. Musik juga dapat di gunakan sebagai terapi kesehatan contohnya musik untuk terapi stres, depresi, meditasi, pernafasan, ibu hamil, bahkan untuk bayi dalam kandungan pun sudah dapat di perdengarkan musik yang di percaya dapat meningkatkan IQ atau kecerdasan sang bayi kelak saat lahir.

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa musik dapat menstimulasi perkembangan otak bayi saat masih didalam kandungan terutama musik klasik seperti Mozart, Bethoven, dan masih banyak lagi. Musik klasik dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan sang bayi, hal ini bisa terjadi karena didalam otak manusia terdapat getaran atau osilasi yang senada dengan getaran pada musik klasik, oleh karena itulah musik klasik dapat merangsang syaraf otak untuk berosilasi, berayun atau bergetar. Otak manusia akan akan terus berosilasi bahkan pada saat tidur sekalipun, osilasi pada otak manusia akan lebih tinggi pada saat sadar dan akan lebih tinggi lagi pada saat berfikir.

Musik juga dapat mempengaruhi getaran pada otak dan prilaku spontan seseorang, contohnya bila kita dalam situasi membaca akan lebih rileks bila sambil mendengarkan musik instrumental yang bernada ringan seperti Kenny G dan Dave koz, atau saat sedang bekerja di kantor sambil mendengarkan musik-musik hits dalam negeri tentu akan lebih santai dan bersemangat, tapi jangan mendengarkan musik yang bernada cepat atau terlampau lambat saat mengendarai kendaran bermotor seperti mobil, motor, karena mungkin secara tidak sadar kecepatan kendaraan bisa bertambah cepat atau malah keluar jalur karena mengantuk.

Entah berapa banyak jenis musik didunia ini, dari yang instrumental sampai musik daerah dan sudah sangat mudah sekali memdapatkan musik apa yang kita mau, tinggal download musik yang kita mau di internet dan dengan cepat akan kita dapatkan. Begitu besar pengaruh musik dalam kehidupan kita yang mungkin tidak anda sadari bahwa musik telah menyeimbangkan kehidupan kita. SO... Cepat ambil mp3 player mu dan warnai hidup ini dengan musik favoritmu.

6 comments:

  1. Halo,
    Musik memang sangat berpengaruh pada kehidupan kita. Apalagi kalau kita bisa memainkan salah satu alat musik, kita bisa membuat diri kita & orang sekitar kita senang.

    ReplyDelete
  2. Yups... Bener banget, coba bayangkan kalau dunia tanpa musik, hmm... Pasti datar dan hampa, tul ga...?!

    ReplyDelete
  3. Betul sekali , musik itu mewakili seribu bahasa , seribu kata , seribu perasaan, bahkan hidup akan jadi lebih berwarna dengan musik.

    ReplyDelete
  4. Sipp... Setuju sob... Bener banget musik mewakili 1000 bahasa, 1000 kata, 1000 perasaan. So... Warnai hidupmu dengan musik.

    ReplyDelete
  5. Kalau musiknya seperti kasidah atau musik2 bernapaskan agama gimana tuh sobat...

    ReplyDelete
  6. @saungweb : kalau merasa nyaman kenapa tidak. Asal pas timing nya.

    ReplyDelete