Manfaat Mendongeng

Hhmm... !? zaman sekarang apa masih ada orang tua yang mau mendongeng untuk anaknya ? saya rasa tidak lagi sebanyak dulu, tapi paling tidak masih ada yang sadar akan baiknya mendongeng dan mau tentunya.

Terkadang ada yang sadar tetapi tidak mau, atau mau tetapi tidak sempat karena sibuk bekerja. Jika anda mau terus membaca artikel ini maka anda akan tahu dan sadar betapa pentingnya mendongeng.

1. Merangsang Imajinasi

Mendongeng bukanlah pekerjaan yang tanpa arti apa - apa, dengan mendongeng kita dapat meranngsang imajinasi anak, mengajak anak untuk berfantasi ria dalam pikirannya, dan itu merangsang otak bekerja lebih aktif.

2. Meningkatkan Kecerdasan

Saat otak anak menerima, menangkap, memahami, dan menyimpannya dimemori maka otak anak akan bekerja lebih aktif dan saat itu stimulasi kecerdasan anak pun berlangsung, simpul - simpul syaraf otak semakin banyak tersambung sehingga kecerdasan anak berkembang dengan baik.

3. Menambah Perbendaharaan Kata

Saat mendongeng akan banyak kata - kata baru yang akan didengar oleh anak, mulai dari nama benda, nama binatang, nama buah, nama gedung, nama kendaraan, dan nama - nama baru lainnya. Jelaskan dengan jelas bentuk, suara, warna, dan situasi apa yang ditanyakan oleh anak.

4. Mempererat hubungan

Melalui kata - kata, pelukan, belaian, senyuman, kontak mata, ekspresi, dan lainnya akan mempererat hubungan antara anak dan orang tua, dan tentu saja menciptakan situasi yang baik untuk perkembangan mental maupun fisiknya, dengan begitu anak akan tumbuh dan berkembang jauh lebih baik.

5. Menanamkan Cinta Buku

Dengan mendongeng secara tidak langsung kita telah memperkenalkan dengan sebuah benda bernama buku, dan jika anak tertarik dengan buku karena berisi gambar berwarna - warni yang lucu dan unik tak mustahil kecintaan terhadap buku mulai tertanam.

6. Ada Pesan Moral

Didalam suatu cerita dongeng biasanya terdapat pesan moral baik yang positif maupun yang negatif, disini peran orang tua adalah menekankan kepada moral yang positif contohnya sifat penolong, baik hati, dan tidak sombong dari karakter yang ada didongeng. Dengan begitu moral positif akan terekam di otak sehingga kelak dia besar dan bergaul ia akan tahu mana yang baik dan buruk.

7. Pengetahuan Baru

Cerita dalam dongeng mengandung banyak informasi baru dan bermanfaat bagi anak seperti bagaimana sebuah mobil dapat berjalan, yaitu dengan bahan bakar minyak atau seperti apa rupanya seekor kelinci, yaitu bertelinga panjang dan berbadan kecil serta dapat berlari kencang.

Untuk para orang tua aturlah waktu anda untuk membacakan dongeng bagi sibuah hati tersayang dan ciptakan keluarga yang bahagia karena anak anda tumbuh dengan baik dan cerdas.

15 comments:

  1. iya, memang di saat sekarang ini mungkin banyak alasan orang tua tidak membacakan dongeng buat anak-anaknya, padahal banyak manfaatnya.
    thanks.

    ReplyDelete
  2. iya seharusnya para orang tua mau membacakan dongeng, karena akan mempererat hubungan antara anak dan orang tua.

    ReplyDelete
  3. It is really a nice post ,, I have gone through it and enjoyed a lot..
    Thanks

    ReplyDelete
  4. Betul tuh.. banyak manfaatnya dari mendongeng ini .. tips yg bagus utk kaum ibu

    ReplyDelete
  5. Wah lama gak mampir nih.. kemana aja sob.. sibuk mendongeng ya..

    ReplyDelete
  6. @ sda : betul banget, dongeng banyak manfaatnya, rugi rasanya kalau para orang tua tidak punya waktu dan tidak mau mendongeng, karena kita kehilangan waktu berharga bersama si kecil.

    ReplyDelete
  7. @ reiki attunements : thanks for coming and enjoyed the reading...

    ReplyDelete
  8. Posting yang bagus. Sayangnya saya tidak pandai mendongeng. Tapi tiap anak-anak mau tidur, saya suka baca buku cerita, kebiasaan mulai mereka umur setahun.

    ReplyDelete
  9. @funkymami : terima kasih ya telah berkunjung... Mendongeng baik untuk mempererat hubungan orang tua dan anak.

    ReplyDelete
  10. I don’t know how should I give you thanks! I am totally stunned by your article. You saved my time. Thanks a million for sharing this article.

    ReplyDelete
  11. Interesting. Your instructions look clear but I'm not very good at this so I hope this will work well for me. Thanks for the tips!

    ReplyDelete
  12. Very great post. I simply stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your weblog posts. After all I’ll be subscribing on your feed and I am hoping you write again very soon!

    ReplyDelete