Siap-siap Hamil

Saat anda memutuskan untuk menikah tentu segalanya akan dipersiapkan dengan baik agar semua berjalan lancar mulai dari menentukan tanggal yang baik, cari-cari gedung, cetak undangan, catering, souvenir, sampai mental pun harus di persiapkan dengan baik. Hal ini juga berlaku saat pasangan suami isteri memutuskan untuk memiliki anak. Ada 3 hal yang harus di persiapkan dalam menghadapi kehamilan, yaitu meliputi persiapan mental, persiapan finansial, persiapan fisik. Mau tahu lebih lengkapnya lagi tentang persiapan pra kehamilan ? Baca terus disini...
1. Persiapan mental

Perlu kita tahu bahwa kehamilan itu adalah suatu proses yang memeras emosi, dan perlu diketahui juga bahwa kondisi kejiwaan bisa berpengaruh besar pada kandungan, maka dari itu kedua orang tua bayi harus mempersiapkan mental untuk menghadapi proses ini selama sembilan bulan masa kehamilan.

Bila dibandingkan dengan pria, wanita cenderung lebih cepat bereaksi terhadap setiap kondisi yang dihadapinya, karena pada saat hamil terjadi perubahan yang besar pada diri seorang wanita, dimana apabila wanita tersebut tidak bisa menyesuaikan perubahan ini bisa membuatnya cepat stres, yang tentunya berpengaruh besar pada kesehatan janin yang dikandungnya. Selain itu juga bisa berpengaruh pada kondisi kejiwaan dan karakter sang bayi ketika dilahirkan.

2. Persiapan finansial.
Kehamilan adalah hal yang bisa diperkirakan, para orang tua tentunya ingin yang terbaik untuk anak-anaknya, tentunya yang terbaik dalam segala bidang. Berikut beberapa acuan dalam merencanakan biaya kehamilan :

- Biaya konsultasi dan melahirkan.
Kumpulkan informasi tentang kebutuhan apa saja yang dibutuhkan saat hamil dan juga saat melahirkan, tetapi ingat jangan sampai terlalu berlebihan. Bisa anda tanyakan langsung ke pihak klinik atau rumah sakit berapa biaya konsultasi dan melahirkan.

- Sesuai kemampuan.
Pilihlah fasilitas kesehatan dan melahirkan yang sesuai dengan pendapatan anda, dan untuk makanan bergizi penunjang kehamilan dengan harga terjangkau sangat banyak terdapat di sekitar kita.

- Biaya tak terduga
Pada setiap kehamilan pasti mengandung resiko, dan sering kali resiko ini berarti biaya. Misalnya biaya untuk operasi Caesar, harganya bisa diketahui dan dianggarkan. Resiko kehamilan bisa diketahui dari awal sehingga bisa diperhitungkan berapa kira-kira biayanya.

- Biaya pasca melahirkan
Yang satu ini juga tidak kalah penting, persiapkan untuk tempat tidur bayi, baju bayi, popok, selimut, dan keperluan bayi baru lahir lainnya. Sekali lagi pertimbangkanlah kebutuhan anda dalam memilih keperluan bayi anda.

3. Persiapan fisik
Kondisi kesehatan suami dan istri sangat menentukan kondisi si janin yang di kandung nantinya, termasuk juga masalah kesuburan masing-masing. Anda tentunya ingin melahirkan anak yang sehat fisik dan sehat mental, maka dari itu jangan takut memeriksakan kesehatan anda, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan yang dibutuhkan seperti :

- Pemeriksaan virus.
Untuk menghindari terjadinya kecacatan pada pada janin dan diturunkannya penyakit akibat virus-virus tersebut.

- Pemeriksaan penyakit seksual menular.
Menyebabkan kematian pada ibu, dan janin.

- Pemeriksaan penyakit menurun.
Seperti asthma, diabetes mellitus, dll.

- Pemeriksaan alat-alat reproduksi.

- Pemeriksaan golongan darah

- Pemeriksaan faktor genetika
Adalah untuk mengetahui penyakit dan cacat bawaan yang mungkin akan dialami bayi akibat di turunkan secara genetis dari salah satu atau kedua orang tuanya.

Dukungan suami, dan keluarga dalam membantu ibu melewati kehamilan dan persalinan akan sangat berarti, tumbuhkanlah rasa percaya diri pada istri anda, sehingga mentalnya cukup kuat dalam menghadapi proses kehamilan.

3 comments:

  1. Thanks anda telah mengunjungi blog saya.
    Salam perkenalan. Info menarik bagi pasangan muda yang baru menikah.

    ReplyDelete
  2. Свадьба: досуг проститутки
    Я ждy тебя мoй принц. Пpиxoди ты yвидишь меня и не сможешь yстоять против моей kpacoты. Великодушие — это не что иное, как сострадание благородного сердца.

    ReplyDelete