Saat Bayi Bicara

Bahagia rasanya mendengar bayi kita menyebut kata "mama" atau "papa" untuk pertama kalinya, sulit untuk di lukiskan betapa senangnya saat dia mulai dapat bicara walaupun hanya sepatah kata. Pada postingan kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara menstimulasi bayi agar cepat bicara, mau tahu bagaimana? Baca selengkapnya disini.

1. Ajak dia bicara

Ajaklah bayi anda bicara, katakan apa saja pada bayi anda bahkan saat dia masih di dalam kandungan. Menurut penelitian, bayi yang sering diajak bicara akan lebih cepat bicara, ajak dia bercanda, tertawa atau katakan betapa anda bahagia memiliki buah hati yang pintar, sehat, manis atau apa saja tentang perasaan anda tapi jangan saat anda sedang marah atau sedih karena ia pun akan merasakan kesedihan anda atau merasa sedang dimarahi.

2. Bacakan dongeng

Bacakan bayi anda dongeng atau buku cerita dan lakukan pengulangan pada kata-kata yang menarik, maka bayi pun akan belajar mengulangi kata-kata tersebut dan jangan kaget, pada saatnya ia pun akan mengulangi kata-kata tersebut.

3. Lakukan kontak mata

Saat berbicara dengan bayi lakukan kontak mata dengannya, sejajarkan mata anda dengan matanya agar dia tahu kalau dia sedang diajak berbicara. Bicara dengan nada sedang dan jelas artikulasinya tapi tidak terlalu pelan, dan bicaralah dengan ekspresi gembira.

4. Tanggapi bicaranya

Saat dia bicara atau bergumam tanggapi selalu kata-katanya walaupun tidak jelas apa yang dia ucapkan, itulah bentuk komunikasi bayi kepada orang lain walau belum jelas tapi bayi mulai merespon lawan bicaranya.

5. Tanggapi bahasa tubuhnya

Dia akan berusaha berbicara dan akan dibarengi bahasa tubuhnya, misalkan saat dia tertarik dengan bola merah kesayangannya dia akan menjulurkan tangannya kearah bola itu dan katakan "oh kamu mau bola ini ya sayang" dan berikan bolanya atau saat dia menjulurkan kedua tangannya minta untuk di angkat atau di gendong, angkatkah bayi anda sambil anda berbicara padanya.

6. Bercerita

Ceritakan tentang keadaan sekitar misalnya tentang mainan di sebelahnya, tentang kegiatan sang bayi saat dia dimandikan, saat dia pipis atau pub, saat dia dipakaikan baju, pada saat kucing atau binatang kesayangan anda melintas di dekatnya atau apa saja yang ada di sekitarnya.

7. Ajak bicara saat bermain

Misalnya bermain ciluk ba, bernyanyi, atau putar lagu anak-anak sambil anda mengikuti lagunya dan ajak dia bernyanyi dengan memegang kedua tangannya dan digoyang lembut. Ajak dia di dalam kegembiraan lagu tersebut.

8. Bertanya pada bayi

Misalkan, "adik lapar ya..?", "adik mau apa? mau mimi susu?", "ini gambar apa, ini warna apa, ini bola siapa" sambil anda menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tadi.

9. Bicara saat di perjalanan

Katakan itu mobil, itu motor, itu pohon, kita sedang di dalam mobil dan mau kerumah eyang, atau beri tahu ayah sedang mengemudi, kakak sedang tidur, ceritakan juga perbedaan antara siang dan malam.

10. Jangan paksa anak

Tapi ingat jangan sampai anda memaksa anak untuk berbicara, saat dia mulai bosan beralihlah ke kegiatan lain, jangan menyalahkan saat dia salah ucap, serta pujilah anak anda saat dia benar mengucapkan kata. Jawab semua kata-katanya seolah-olah kita mengerti apa yang dikatakannya.

Pada dasarnya bayi yang baru lahir sudah dapat mendengar suara-suara terutama suara bundanya, meskipun dia belum bisa bicara, bayi dapat menyatakan perasaanya dengan gerakan tangan, kaki, badan, kepala, berteriak, menangis, bergumam, tertawa, senyuman, dan masih banyak lagi. Maka latihlah terus anak anda berbicara. Tidak hanya itu, melatih anak bicara juga menjalin ikatan emosional, sosial antara anak dan lawan bicaranya seperti ayah, ibu, kakek dan nenek, serta dapat meningkatkan kecerdasan dan perkembangan kognitif si bayi.

9 comments:

  1. Jadi ingat waktu Bima pertama kali bilang mama, senang dan bangga karena yang pertama kali Bima sebut mamanya bukan papanya hehe...Kata pertama yang keluar dari mulut Bima adalah hai dan inggi (iya dalam bahasa Jawa) dia selalu berhai hai ria dengan orang yang dia temui terutama wanita haha dan dengan mimik khas merayunya, mengacungkan tangan kedepan untuk minta digendong..Skrg perbendaharaan katanya sudah bertambah Bima bisa bilang Allah tapi dengan bahasanya Awoh, minta makan dengan bilang mama mam, minta susu dengan bilang mama nyenyen haha dll..bayi itu benar2 amazing banyak kelucuan dan kegembiraan melihat tumbuh kembang mereka ^_^

    ReplyDelete
  2. Really awesome!! Nice post..gw juga dulu udah bs ngomong n baca lbh cpet dr phase normal..

    Kata nyokap, gw sering d tunjukin suatu objek,trus dy sebutin namanya,misalnya papa,gelas,roti..sedikit dialog pertanyaan mgkn bs merangsang bayi..kata nyokap sih.hehe..

    Ntar gw praktekin klo dah punya ank..sekarang cuma collect all the info. Wkwkwk..

    Okay,nice post,good information,n happy family..

    Happy blogging yep..
    Wait for ur next ports..

    ReplyDelete
  3. Bener, ga ada salahnya belajar dulu, jadi nanti sudah siap. Thanks for comment... Happy blogging...

    ReplyDelete
  4. halo bima bayi kecil yg lucu, makasih udah maen ke bayi-anak. iya betul, setuju dgn tulisan di atas. barra udah bisa baca sejak usia tepatnya sih 19 bulan, krn sejak di perut selalu diajak berinteraksi, dan selain jd bisa bicara, ya jadi bisa baca juga deh, alias kepintarannya setidaknya bisa saya optimalkan meskipun tak usah maximal,,hehe ngetik apaan saya yah? hihihi...

    ReplyDelete
  5. Oh senangnya mendengar anak kita tumbuh dengan baik. Sering2 nengok bima di sini ya... Thanks...

    ReplyDelete
  6. Wah kebayang pasti anaknya lcu imut2 dan cantik/ganteng

    ReplyDelete
  7. Senang rasanya mendengar anak kita tertawa dan sehat.

    ReplyDelete
  8. Ini sih mesti banyak baca pelajaran tentang Bina Keluarga Balita atau BKB atau PAUD nih.. hehehe

    ReplyDelete